Sabtu, 17 Februari 2018

TUGAS KKPI II KELAS XII

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!!!

1. Jelaskan pengertian Hardware, Software & Brainware!
2. Jelaskan kegunaan aplikasi pengolah kata (microsoft word) beserta contoh pemanfaatannya!
3. Apakah kegunaan dari fungsi statistik berikut ini!

  • SUM
  • AVERAGE
  • HLOOKUP
  • VLOOKUP
  • LEFT
  • MID
4. Jelaskan pengertian email attachment beserta manfaatnya!
5. Apakah yang kamu ketahui tentang Hotspot!

PENYELESAIAN

  1.  - Hardware (perangkat keras) adalah komponen komputer yang dapat disentuh atau diraba           secara langsung oleh manusia, dengan kata lain memiliki wujud/bentuk secara fisik.                 - Software (perangkat lunak) adalah perangkat yang terdiri dari intruksi-intruksi atau       program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai apa yang dikehendaki pengguna.                                                                                                                     - Brainware (perangkat manusia) adalah seseorang yang mengoperasikan hardware dan software untuk saling bekerjasama satu dengan lainnya.
  2. MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.                                                                               - Contoh pemanfaatan Ms. Word dalam kehidupan sehari-hari :   
    1.    Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format yang beragam. Sebagai contoh saja ya, anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.
    2.    Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML, .HTML, dan .RTF dan .TXT
    3.    Bisa ditambahkan addon. Misalnya pada microsoft word 2003 kita tidak bisa membuka atau menyimpan dokumen dalam format .docx atau format office 2007. Maka kita bisa menginstall sebuah addon yang bisa berfungsi untuk menyimpan dalam format .docx dengan office 2003. atau juga bisa membuka dokumen .docx dalam office 2003.
    4.    Dengan Microsoft word kita bisa memformat tulisan/ dokumen kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain. Dengan kata lain, microsoft word ini formatnya sangat lengkap.
    5.    Bisa membuat dokumen web. Misalnya anda mau membuat file berformatkan .HTML anda bisa menggunakan microsoft word. Dan mengupload ke server hosting anda. Namun ada sedikit kelemahan, yaitu: tata letaknya kurang bagus.
    6.    Bisa melihat tampilan cetak. Dengan fitur ini anda bisa memastikan tulisan/ dokumen anda sudah sempurna baik dalam formatnya ataupun dalam tata letak halamannya.
         - Contoh pemanfaatan Ms. Word dalam dunia pendidikan:                                                        
    1.    Membuat surat resmi yang rapi dan terstandar menggunakan fasilitas template yg telah tersedia.
    2.    Membuat rancangan buku (booklet) dengan mudah tanpa perlu memikirkan halaman mana saja yang harus berada pada lembar yg sama.
    3.    Memudahkan membuat brosur berlipat tanpa harus membagi bidang secara manual.
    4.    Memudahkan membuat surat yg sama dengan alamat tujuan yang berbeda-beda dengan menggunakan fasilitas mail merge.
    5.    Membuat laporan yang menarik menjadi lebih mudah.
  3. - SUM (Digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu)                                               - AVERAGE (Digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range)                                             - HLOOKUP ( mencari value secara horizontal (dari kiri ke kanan), lalu menampilkan nilai lain yang sekolom dengan nilai tersebut sesuai yang diinginkan.)                                                                                        - VLOOKUP ( mencari sebuah value secara vertikal (dari atas ke bawah) dan menampilkan nilai lain yang sebaris dengan tersebut)                                                                                                                        - LEFT (untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri.)         - MID ( mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari tengah.)     
  4. Pengertian attachment merupakan media yang disediakan pada sebuah web atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen yang lain kemudian akan diunggah (Upload) ke internet.                                                                                                     Manfaatnya Attachment ialah perintah mengirim file lewat email. Kadang disaat kita mengirimkan surat kita mau mengikut sertakan lampiran surat yg lain, maka surat yg kita buat jadi lebih komplit akan tetapi tidak terlalu panjang. Dalam lampiran attachment surat ini, ada sekian banyak dokumen yg dapat kita lampirkan juga, contohnya : document word maupun power point.
  5. Hotspot adalah rang dapat mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP).                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar